Minggu, 21 Juli 2013

DOMPET MEMBAWA NIKMAT


Sebut saja namanya Aduy si anak badui telah berhasil mendaftar kuliah dengan bantuan seorang gadis manis yang bernama Wulan. saat keluar dari gedung pendaftaran ia menemukan sebuah dompet. Aduy yang lugu dan jujur berusaha mengembalikan dompet itu pada pemiliknya,ia merasa bahwa dompet itu adalah amanah baginya.
Dompet itu membuat Aduy hampir menjadi korban ojek kecubung serta kukut si copet kecil yang berniat merampas dompet itu. Setelah berusaha keras tanpa berputus asa pada akhirnya Aduy memetik buah kejujuranya,dompet itu membawa kenikmatan bagi Aduy yaitu tempat kos yang nyaman dan gratis. penasaran bagaimana ceritanya yuuk kita baca sampai habis.
*NEMU DOMPET
Di bawah terik matahari yang sangat panas sekali Aduy berjalan untuk mencari masjid, tiba-tiba di tengah perjalanan Aduy melihat sebuah dompet tergolek di tanah.
Aduy celingukan lalu mengambilnya.”dompet punya siapa ya? Aduy kini dikepung ragu,masjid tepat beberapa langkah lagi di depannya,sementara pesan emaknya agar mengembalikan milik orang lain terngiang di pikirannya,Aduy mondar-mandir,maju ke masjid lalu balik badan mencari pemilik dompet itu. Aduy melihat foto di KTP yang ada di dalam dompet itu,seorang bapak-bapak.
“Solat dulu, Aduy panik menuju masjid. Tapi ia segera balik badan “dompet dulu atuh” ia bimbang beberapa saat hingga akhirnya ia memutuskan untuk sholat dulu di masjid yang tidak begitu ramai. Aduy tergesa-gesa berwudhu dan langsung solat secara cepat bagai kereta expres karena memikirkan dompet,ia tidak sadar kalau di belakang nya ada seorang remaja berpakaian gamis dan berjenggot tampak ngos-ngosan mengikuti sholat Aduy yang tergesa.
Doa Aduy pun kilat sekali,’’Maaf ya Allah saya lagi buru-buru takut pemilik dompet ini nyari-nyari hampura ya Allah Aduy lagi buru buru Aminnn,,
Aduy bangkit dan ia melihat seorang remaja di belakangnya terlihat ngos-ngosan Aduy tak peduli ia langsung cabuuuutttttt. Untuk mencari siapa yang kehilangan dompet tersebut dan akhirnya ketemulah si Aduy dengan si pemilik dompet yaitu pak Adi spontanitas pak Adi langsung memeluk si Aduy yang sudah mengembalikan dompetnya sebagai rasa syukur dan terimakasih akhirnya pak Adi bertanya kepada si Aduy,” Nak Aduy tinggal di mana,” saya belum punya tempat tinggal yang pasti pak saya masih cari kos-kosan.
“kata pak Adi yaudah kamu ikut bapak aja kebetulan di rumah saya yang tidak jauh dari sini, saya punya area kosan yang memang d isi oleh anak-anak mahasiswa, mereka ngekos di rumah bapak.
“enggak …enggak usah pak pasti mahal,Aduy menggeleng,”Aduy mah cari yang tidak mewah tapi cukup nyaman di pakai untuk belajar,supaya duitnya irit juga,pak. Pak Adi semakin terkagum-kagum “Duy kalo kamu mau bapak kasih kamu gratis satu kamar karena kamu sudah menyelamatkan dompet bapak yang isinya sangat berharga ini. ah itukan Cuma dompet biasa pak,saya mah hanya menjalankan amanah.”eh jangan di kira duy,dompet ini penuh dengan ATM tu lihat.Aduy melihatnya” ATM itu apa pak? Pak adi menggeleng-geleng geli.ATM itu dalam bahasa Indonesia singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri.
Tinggal masukin ke dalam mesin ATM maka bapak bisa mengambil uang berapapun yang bapak butuhkan tanpa harus ke bank.gimana Aduy mau gak tinggal di kosan bapak?sekali lagi gratis buat Aduy kalo mau sekarang juga kita berangkat.
“beneran pak? Aduy sumringah kalo pengen makan bagaimana?” ya tinggal makan.Kalo pengen tidur ?ya ..tinggal tidur “kalo pengen …. Ah sudah pukoknya bapak gratiskan buat kamu kebetulan bapak tidak ada anak. Anak bapak kuliah di mesir hanya liburan saja pulangnya,
‘’ooh Aduy mengangguk .Ini adalah rezeki dari Allah buat kamu Duy Lalu Aduy segera memandangi langit Alhamdulillah ya Allah.Akhirnya Aduy bisa menemukan kosan yang nyaman dan gratis tidak harus bayar. makan gratis,tidur gratis,ini benar-benar nikmat, ya Allah benar-benar dompet membawa nikmat euy.
“pak Adi membiarkan Aduy meluapkan kegembiraanya.Ayo pak, Aduy siap berangkat,Syukurlah,Duy kamu mau?,.Pak Adi menghela nafas lega.iya pasti maulah pak,.Aduy dan pak Adi tertawa terkekeh,saat Aduy hendak berjalan kaki keluar kampus,pak Aduy menahanya.ia sadar mungkin Aduy tidak tau kalau dirinya membawa mobil Avanza hitamnya.’
“Duy serunya”Ya pak? Aduy menoleh. “,mau ke mana kamu? “mau kerumah bapak.”Pak Adi tersenyum.”kita naik mobil” Mobil? Aduy melongo” jadi bapak punya mobil?. “Alhamdulillah,Duy rizki dari Allah.Akhirnya Aduy pun mengikuti pak Adi saat sudah berada di dekat mobil,pak Adi langsung menekan tombol Central lock di tanganya,seketika mobil mengeluarkan suara Tiiit,,Tiit
“masya Allah Aduy teriak kaget,” suara siapa itu?”saking paniknya,ia reflek memasang kuda-kuda jurus-jurus kilat dari kampung.matanya waspada memandangi sekitar “hiat hiat ..siapa berani melawan Aduy. Pak Adi tertawa terkekeh,lalu membukakan pintu “masuk Duy” “eit tunggu dulu pak’ Suara siapa tadi ? “suara mobil” Suara mobil? Aduy tetap waspada “suara mobil kok kayak anak burung “Aduy perlahan masuk namun tangan dan matanya tetap siaga mengeluarkan jurus silatnya,dan akhirnya melesatlah Aduy dan Pak Adi menuju rumah pak Adi….sekian…
Kejujuran adalah awal dari keberhasilan, apapun yang kita miliki semuanya adalah milik Allah,dan kita semua akan kembali kepadaNya.

                                                                                                                    oleh : Agus Abdullah Suhud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar