Kamis, 14 Maret 2013

Cerita Azra, Biografi Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra

Azyumardi Azra, biasa dipanggil " Azra ", adalah seorang cendekiawan muslim " Pendobrak " . Kiprahnya didunia pendidikan menghasilkan inovasi - inovasi yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Salah satu hasilnya adalah bertransformasinya IAIN Syarif Hidayatullah menjadi UIN Syarif Hidayatullah, yang menjadi institusi pendidikan Islam bisa masuk kedalam arus utama, menjadi lebih open-minded, berkualitas, dan bermartabat dimata masyarakat.
Azyumardi Azra adalah seorang Pakar Sejarah dan Peradapan Islam yang diakui dunia internasional. Ia pun sudah mendapatkan gelar Guru Besar dari almamaternya, UIN Syarif Hidayatullah. Dalam hidupnya Ia adalah seorang Muslim tulen yang taat mengikuti nilai - nilai yang dijarkan oleh Rasullullah Muhammad SAW.
Azyumardi Azra pernah dipercaya oleh mantan Wapres Yusuf Kalla untuk menjadi Deputi Sekretaris Wakil Presiden ( Seswapres ) bidang Kesra selama dua tahun. Berbagai partai politik sudah pernah melamarnya untuk bergabung, tetapi Ia tetap
teguh pada netralitasnya. Netralitasnya dari dunia politik menjadikan dirinya sebagai orang yang paling diburu wartawan untuk berkomentar perihal masalah politik  dan sosial kemasyarakatan.
Direktur Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah ini adalah orang indonesia pertama yang meraih gelar Commander of the Order of Brittish Empire ( CBE ) dari Ratu Inggris.

Tingkat gelar mulai yang tertinggi Kebangsawanan di kerajaan Inggris antara lain :
  1. Knighthood of the Order of British Empire, KBE ( Pahlawan Tatanan Kerajaan Inggris )
  2. Commander of the Order of Brittish Empire, CBE ( Panglima Tatanan Kerajaan Inggris )
  3. Officer of the Order of Brittish Empire, OBE ( Perwira Tatanan Kerajaan Inggris )
  4. Member of the Order of Brittish Empire, OBE ( Anggota Tatanan Kerajaan Inggris )
Pesepakbola David Beckham dan beberapa orang populer lainnya di Inggris mempunyai pangkat dibawah dirinya. Satu lagi yang Ia banggakan didalam dunia penerbangan Ia tercatat sebagai salah seorang Frequent Flyer tertinggi salah satu maskapai penerbangan terbaik di dunia : Singapore Airlines ( SQ ) sejak tahun 2005.

Simak kisah kehidupan Azyumardi Azra beserta sisi - sisi menarik yang jarang diketahui masyarakat, dengan membaca buku ini. ( Koleksi Mobil Pustaka Hydron )

                                                                                                  oleh : Apri Tanggi ( Tim Pustaka Hydron )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar